Monday, November 2, 2009

Sebuah Reuni, “Me” Dalam 4 Slide

Slide Taman Kanak-kanak
Ehm ... ingatan apa ya yang tersisa dari taman kanak-kanak ku? Masih ingat waktu karnaval memakai kostum “guru”, seragam korpri sebutannya. Begitu ramainya kelas ku saat ada teman yang berulang tahun, syukuran dengan makanan yang untuk ukuran masa itu begitu berharga bagi anak-anak usia TK. Belajar menyanyi “Indonesia Raya”, “Pelangi”, “Bintang Kecil” hingga “Ibu Kita Kartini”. Dan foto-foto kenangan masa itu masih tersimpan rapi di salah satu sudut rumahku. Ah, ternyata aku dulu pernah kecil ... hihihi.


Slide 6 Tahun Di Sebuah Madrasah
Masa 6 tahun ini kuhabiskan di sebuah Madrasah Ibtidaiyah (hihihi). Aku masih ingat pelajaran yang paling kusukai, “Sejarah Islam” karena aku sangat suka dengan kisah-kisah heroik para mujahid/mujahidah Islam di masanya. Alhamdulillah selama enam tahun belajar selalu masuk populasi ranking teratas (nggaya). Aku juga masih ingat bagaimana lucunya jadi “komandan upacara” saat kelasku menjadi petugas upacara waktu itu. Dua kali ikut lomba tennis meja dan akhirnya kalah di akhir set, hiks, masih grogi-an kalau dilihat banyak orang. Jambore di Banyumas yang membuatku berurai air mata gara-gara didatangi bapakku waktu itu.
Kangen sungai dekat rumah, yang dulu tak pernah absen kusinggahi bersama teman-teman masa kecilku. Iya, sering banget main di sungai (meski awal-awalnya harus petak umpet dengan Ibu, hehe), rumahku kan ndeso. Meski sekedar menangkap capung atau nyeser iwak atau lebih seringnya keburan nang kali. Apalagi pas lagi banjir, seneng banget naik perahu, namanya juga anak kecil.
Masih ingat banget pasar-pasaran, manten-mantenan, petak umpet, kasti, gobag sodor, kecik. Ah, terlalu banyak kalau disebutkan. Tapi benar-benar menyenangkan. Kalau sekarang, mungkin nggak ada permainan kayak gitu lagi.


Slide 3 Tahun Di Menengah Pertama
Setiap masa, ada kenangannya. Pasti! Ingat rebutan bakwan di kantin SMP-ku, habis bakwannya uenakkk banget hehe. Pernah ikut lomba paduan suara (yang aneh) dan akhirnya mendapat juara harapan 1 (harapan sendiri, maksudnya hihihi). Latihan drama yang lucu hingga nasib tragis kelompok dramaku. Satu-satunya ekstrakurikuler yang kuikuti adalah PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Menyenangkan bersepeda ria bersama teman-teman SMP-ku, waktu itu jamannya masih naik sepeda onthel. Dan yang paling kuingat, waktu pelajaran Tata Boga edisi table manner dan dengan terpaksanya harus menghabiskan semua makanan yang tersedia di meja makan (mentah dan matangnya), glekh!! Ah, rindu dengan segala pernak-perniknya.


Slide 3 Tahun Nostalgia SMA
Ehm ... penuh perjuangan untuk masuk SMA favorit di kotaku. MOS dengan nguber-nguber tandatangan kakak tingkat (sok artis banget gak sih) dan akhirnya dapat giliran diuber-uber juga hehehe. Pelajaran paling menyebalkan adalah KIMIA, arrggghhhh! Sampai sekarang juga nggak suka, makanya masuk Sosial, dan disana aku menemukan “kenyamanan”ku. Dan lagi-lagi ditunjuk untuk ikut PKS (Patroli Keamanan Sekolah), lumayan sih dapat sertifikat (lho?). Paling seneng soto-nya Bu Is di kantin pojok, meski sering kehabisan ... nyummy!
Kangen latihan taekwondo di dojang Kutoarjo, kangen tendang-tendangan, kangen gojlokan pas ujian kenaikan tingkat, kangen mengalahkan sparing partnerku! Kangen juga dengan pendakian ke Merbabu dan Sumbing, kapan lagi ya? Kangen kenakalan-kenakalan jaman itu sama teman-teman satu kost, main basket malam-malam dan konangan satpam hihihi, kabur dari sekolah waktu classmeeting, hah! Namanya juga masih berjiwa muda hehehe.
Masih ingat banget pentas mujahid di SMA sebelah, saat beraksi menjadi seorang mujahid, mengharukan! Dan yang paling indah, kudapatkan hidayahku. I am jilbaber, now and forever, insya Alloh!

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah yang baik dan sopan, terima kasih.