Wednesday, September 10, 2008

Duhai, betapa berharganya seseorang bernama …..

Duhai, betapa berharganya seseorang bernama …..


Post in karima-alfathiyya.blogspot.com - Ahad, 7 September 2008 ; 16.35 wib

Nggak tahu kenapa tiba-tiba inget aja. Ui .. ui .. ui … Entah untuk yang keberapa kalinya aku jadi inget betapa berharganya kehadiran orang itu bagiku.

Apa aku jatuh cinta lagi ya? Hehe ...

Merasakan kelembutannya, merasakan kasih sayangnya, merasakan kecintaannya padaku … yang kadang mungkin hanya bisa dibahasakan lewat tatapan kedua bola matanya yang bagiku teramat indah.

Cinta yang mungkin tak pernah disadari olehku … yang mungkin baginya tak hendak mengharap balasan yang sama. Cinta yang hadir lewat perhatian, lewat kata-kata, lewat doa yang diuntai di setiap munajat panjangnya …

Subhanalloh! Mungkin aku nggak akan pernah menemukan cinta yang sebesar itu di tempat lain, di hati yang lain selain dia …

Aku jadi lebih merasakan pengorbanan sosoknya kala menjalani tugas yang hampir hampir mirip dengan posisinya.

Seingetku kalo nggak salah sih, waktu itu akhir Mei 2008, ada acara yang melibatkan banyak ummahat (ibu-ibu) di sekitar Solo selama kurang lebih 2 hari (Sabtu-Ahad). Dan tentu saja membutuhkan banyak hadonah (semacam pengasuh anak) untuk ikut menjaga putra-putri ummahat yang ikut acara tadi.

Karena kebetulan aku sudah pernah ikut acara itu sebelumnya, so aku kebagian tugas ikut membantu panitia buat jagain baby-baby nya ummahat yang dititipkan ke panitia. Ohya sedikit pemberitahuan aja, kenapa ummahat-nya pada nitipin anak-anaknya ke panitia, coz selama acara nggak mungkin membawa serta anak-anak, ntar malah bikin crowded acaranya hehe …

Hari pertama.

Datang ke sebuah TK (kebetulan tempat penitipannya di sebuah TK, dan ndilalah juga TK-nya libur) … ee .. udah ada beberapa 2-3 temen akhwat yang ikut jadi hadonah juga disana. Sebelumnya masih antarjemput ummi-ummi buat nitipin anaknya ke situ (coz tempat acara dengan tempat penitipan cukup jauh so musti antar jemput). Udah selesai gitu, wah … kelihatannya cukup sepi nih, hanya sekitar 2-3 anak-anak yang dititipkan. Tapi lama-kelamaan ternyata para ummahat yang mau nitipin anaknya semakin buanyakkk. Bayangin aja, yang jadi hadonah pagi itu baru ada sekitar 3 orang (termasuk aku), katanya sih yang lain pada belum dating n’ ada juga yang gak bisa ikut mbantuin. Padahal baby-baby nya yang datang udah ada sekitar 5-6 anak. Glekkk!!! Udah gitu nambah lagi, sliwar-sliwer satu persatu ummahat dianterin panitia buat nitipin anaknya ke sini. Sampe-sampe ada ummahat yang kayaknya kurang percaya “dek, ini yang njagain anaknya cuma segini orangnya?”. Woalah … ya nggak lah bu, “insya Alloh ntar ada yang nyusul, Bu”. Hehe … pede banget ada yang nyusul, gak papa coz kata panitia emang bakal ada yang nyusul lagi (tapi gak tau kapan hehe).

Hadonah-hadonah yang pagi itu cuma 2-3 orang akhwat mang lumayan kalang kabut karena jumlah yang diasuh lebih banyak daripada yang diasuh … bahkan aku sampai dipeseni (dipercayai) 3 ummahat buat njaga anaknya. Ya, otomatis aku langsung mengiyakan (duh … pe-de nya hehe). Mungkin karena emang hadonahnya cuma dikit.

Setiap anak yang dititipkan udah membawa (eh dibawain ding!) perlengkapan masing-masing, mulai dari popok/ pampers, termos air anget, susu, jajanan/ camilan, mainan (truk-truk an, mobil, boneka, de es be), baju ganti, kain buat nggendong, dan buanyakkk lagi. Bahkan beberapa ummahat ngasih catatan kecil di kertas, isinya tentang jam-jam kegiatan si bocah, misal jam 11.00 bangun n’ minum susu, jam 12.00 makan siang, jam 13.00 bobok, jam 14.00 main de el el ... hehe segitu teraturnya ada-ada aja. Kebetulan anak-anak yang dititipkan itu umurnya balita, 2-3 tahun lah, tapi ada juga yang 2 bulan. Udah bisa bayangin kan betapa crowded-nya pagi itu?? Fiuhhhh....

Nah, biar anak-anak itu gak ketuker-tuker, tiap anak dikasih kartu nama yang dicantolin di bajunya sam di tas perlengkapannya biar mudah nyari kalo butuh susu or popok. Tiap hadonah udah megang 1 anak, ada yang nangis nggak mau ditinggal ummi-nya sampe harus diumpetin n’ dibo’ongi segala hehe, ada yang mainan nggak berhenti-henti... tapi ada juga yang dieemmm aja, cool banget, anteng pokoke! Ini sih menyenangkan hehe... sampe-sampe ada 1 orang harus njagain 3 anak, eh udah gitu pas yang satunya nangis, yang lainnya juga ikut nangis ... glekk!! Paduan suara baru neehh. Bener-bener deh capek lahir batin, naik turun tangga demi ngikutin kemauan si bocah biar kagak nangis, ngganti popok, bikin susu.

Semakin siang emang ada beberapa teman yang datang mbantuin tapi tetep aja ada yang gantian pulang juga. Senengnya sih, di sana aku dan temen-temen sambil guyon-guyon, lihat tingkah anak-anak bayi yang terlalu banyak tingkah (hehe) dan bikin capek. Capek tapi juga seneng. Apalagi kalau udah sama 1 hadonah, tiap anak susah untuk pindah ke hadonah lain ... tatuuuut ... hihi...

Enak banget kalo pas lagi pada bobok, antenga, kita-kita bisa istirahat. Tapi sekalinya ada yang bangun n’ nangis kencenggg ... woaaaaa!!!! Langsung deh yang lain ikutan bangun n’ nangis juga... nih baby-baby kompak banget sich ... bikin geger aja!

Pokoknya seharian itu mulai dari jam 8 hingga jam 3 sore ngurusin anak orang, bener-bener capek ... bayangin, 10-13 anak-anak balita ... kebetulan waktu itu aku njagain bayi umurnya masih 2 bulan (wuihhh ...), meski sebelumnya aku n’ temen2 juga pada gantian mengasuh. Eh, tahu nggak? Bayinya itu kan lagi enak-enaknya tidur, tiba-tiba bangun n’ nangis, ya udah ku gendong aja. Begitu diem, mau kutaruh di tempatnya eh anaknya nangis lagi.. kayak mau bilang ”kakak, aku maunya digendong aja...hehe” glekk!!! Berulang kali kayak gitu, tiap mau kutidurkan di tempatnya, dia nangis lagi ... secara baru umur 2 bulan ... weks! Ya udah akhirnya kugendong kemanapun ku melangkahkan kaki, cieee ... tangan si udah pegel banget ... tapi dari pada nangis lagi ... apalagi tuh anak masih 2 bulan n’ bener2 masih minum ASI (gak dikasih susu botolan sama sekali) hebat!

Setelah jam 3 sore-an gitu, para ummahat menjemput anaknya sambil nanyain gimana anaknya, rewel apa nggak? Hehe .. mau jawaban jujur nggak nih, bu? Meski rewel, tapi jujur aku n’ temen2 cukup seneng, lihat tingkahnya yang lucu-lucu n’ sekalian latihan jadi ummahat kelak. Hehe .. maunya ..

Alhamdulillah deh hari pertama telah terlewati, meski ada beberapa barang yang ketuker, kayak kain gendongan bayi ... hiks ... malu nih sama ummahatnya plus gak enak hati. Tapi ya udahlah, ntar coba dicarikan.

Hari kedua.

Surprise!!! Anak-anaknya tambah dikit hehe ... Kok? Cuma sekitar ada 5-7 anak yang dititipkan. Sesuai pengalaman hari pertama, siap siaga! Sambil njagain mereka, aku n’ temen2 guyonan ”kok anak yang dititipkan tambah sedikit ya?”, yang lain menyahut, ”mungkin dititipkan ke abi-nya, kan ini hari ahad jadi abi-nya libur kali”... ada yang berseloroh,”betul itu, mungkin lebih percaya n’ lebih aman kali kalo dititipkan ke bapak-nya hehe ... lihat pengalaman hari pertama gitu” he2 bisa saja.

Tapi meski sedikit, tetep aja capek karena hadonah-nya juga berkurang. Sama aja kan. Tapi gak apa-apa lah, dibawa hepi aja. Lagian juga gak se-crowde hari pertama.

Sekitar jam 3 sorean acara udah selesai (hari kedua itu acaranya outbond, hehe, ummahat-ummahat sekali-kali ikutan outbond, mengenang jaman kampus dulu ...). Para bayi udah siap diserahterimakan, ada yang udah dimandiin, udah pada bersih. Sampe-sampe ada ummahat yang bilang, ”wah kalau tiap hari gini (gak ngasuh anak, maksudnya) seneng banget, meski ikut outbond” ... dan kita cuma ketawa-ketiwi. Maunya ummi nih ...

Segitu beratnya ya ngasuh bayi ...

Fiuuuhhhh ... Nggak ngebayangin, gimana dengan ibuku di rumah. Pasti repot banget ya? Musti ngurus keluarga. Suami dan anak. Masih harus masak, ngepel, nyuci, jagain dedek... hiks hiks ..

=====================================

MOMMY ....!!!!

Aku nggak bisa ngomong apa-apa lagi. Terlalu banyak pengorbanan beliau hingga aku bisa sebesar ini. Kebayang nggak sih, se-crowded itu dunia Ibu ...

Mungkin terlalu banyak kesusahan yang kubuat hingga membuat ibu sedih. Aku tahu betapa banyak derai air mata di tiap shalatmu, hanya sekedar menguntai doa untuk keluarganya, untuk anakmu ini. Maafkan aku ibu, jika belum bisa berbakti sepenuhnya padamu ...

Ah .. Ibu, kapan aku bisa membalas semua cintamu? Dengan apa aku membalasnya? Mungkin takkan pernah bisa ...

Hanya berharap semoga Alloh memberikan segala yang terbaik untukmu dan semoga Alloh mengampun segala dosamu, mempertemukan dan mengumpulkan aku dan engkau kelak di surga-Nya. Amiiiiinnnnnn.

Alloh, kabulkanlah doaku ini ...


No comments:

Post a Comment

berkomentarlah yang baik dan sopan, terima kasih.