Thursday, April 7, 2011

Aktivis Super Sibuk

Tok! Tok! Tok!

Assalamu’alaikum!”teriak Ucix sambil mengetuk pintu.

Oh, dikunci. Ditengoknya pot xansiviera di samping jendela. Ternyata kunci ada disana. Setelah masuk kamar dan melepas jilbabnya, Ucix buru-buru menuju dapur. Haus dan lapar. Ucix hendak mengambil piring dan sendok, tapi perkap dapur hampir kosong. Kemudian ditengoknya tempat cucian piring.

Doenggg!!!

Pantas saja isi dapur kosong. Lha seluruh perkapnya masih nangkring di tempat cucian. Kotor lagi! Gimana mau makan? Masa’ pake garpu? Nggak nyambung kalee.

Ck ...ck...ck... kost akhwat kok kayak gini?
Akhirnya, meski perutnya sudah lapar dan menuntut minta diiisi, Ucix mencuci setumpuk perkap dapur yang kotor itu. Piring makan plus sendoknya yang kotor dan setumpuk gelas yang tidak langsung dicuci setelah menggunakannya. Ternyata perkap dapur yang kotor itu tidak sendirian. Di sampingnya ada 5 ember rendaman cucian. Beberapa diantaranya sudah nampak mengeluarkan bau kurang sedap, mungkin karena sudah 2-3 hari direndam.

Gini nih kalo penghuninya super sibuk ...

***

Ternyata bukan cuma tragedi piring kotor saja yang terjadi. Beberapa kali lantai terlihat kotor karena tidak disapu dan dipel. Mulai yang dari alasan kelihatan masih bersih sehingga tidak perlu di sapu apalagi dipel. Tapi ternyata keterusan. Seringkali tidak disapu dan dipel sehingga debu menebal. Halaman kecil depan kontrakan juga nampak kotor, bunga mawar dan anyelir yang menjadi hiasan yang mempercantik Wisma Putri Antik terkulai layu karena jarang disirami. Bahkan pintu gerbang samping yang lebih berfungsi sebagai garasi, terlihat semakin rimbun saja karena tanaman merambatnya tambah lebat. Yang bertugas piket kurang begitu memperhatikan sehingga lama kelamaan kost itu lebih mirip hutan daripada sebuah tempat tinggal. Segitunya?

Kamar mandi lebih parah lagi. Piket menguras bak mulai sering dilalaikan dan mulai tidak teratur. Dinding dan bak mandi bagian luar mulai lumutan. Ihh ... jadi ngeri. Puncaknya, ketika tagihan rekening telepon dan air membengkak. Fina yang kebetulan diserahi mengurusi keuangan dan administrasi mulai teriak-teriak. Tapi tetap saja ada yang membandel, terlambat membayar iuran bulanan.

”Ini siapa sih yang nelpon ke nomor-nomor asing. Mbok ya ngaku! Kasihan yang laen dong ... Huhh ...!” ujar Nania kesal.

”Kayaknya kita perlu segera rapat kos deh, Nan. Kalau dibiarkan terus, bisa-bisa kita harus segera angkat kaki dari sini. Hehe ...” usul Ucix sambil menghitung-hitung pengeluarannya bulan ini.

***

Siang yang panas.

”Ini siapa sih yang piket??? Kotor banget nih lantainya.”

Nania nampak kesal. Baru aja pulang dari kampus, eh ternyata disuguhi pemandangan kost yang kotornya minta ampun. Sepertinya hari itu tidak ada yang tugas piket.

Belum lagi cucian piring dan rendaman baju yang numpuk di tempat cucian, membuatnya geleng-geleng kepala menyadari kondisi kost akhwat itu. Baju-baju yang sudah kering juga ikut menumpuk di bawah tangga, belum diambil sama yang punya, sehingga membuat kost lebih mirip tempat laundry.

Nggak bisa dibiarin nih, malam ini juga musti rapat kos. Harus!

***

Malam harinya penghuni Putri Antik mengadakan rapat kos dadakan. Heran. Masa’ setiap kali kumpul, yang dibahas seputar piket harian yang sering nggak jalannya. Malam ini semua penghuni nampak hadir lengkap.

”Saya harap semuanya bisa konsekuen dengan kesepakatan kita di awal. Nyuci piring sehabis makan apa susahnya sih? Okelah ada departemen kebersihan yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kos, tapi itu nggak bener kalo kita bergantung pada mereka. Kasihan kan?” Nania menatap adik-adiknya.

Semua nampak diam mendengarkan. Mungkin malu.

”Kost kita kan kost akhwat. Masa’ kotornya melebihi kost-kostan biasa. Jangan sampai tetangga kita berpikiran negatif melihat wajah kost kita. Bener yang dibilang mbak Shinta, kita harus konsekuen dengan kesepakan kita dulu. Jangan sampai kita juga mendzalimi saudara kita yang lain.” imbuh Ucix.

Intan dan Tika nampak berkaca-kaca.

”Masalah rekening telepon juga. Kan udah disediakan buku telepon. Mbok ya dicatet kalao habis telpon. Biar tahu siapa yang pake telpon. Afwan mbak terpaksa bicara begini, agar kita semua sadar dengan tanggungjawab masing-masing. Ini juga bukan cuma tanggungjawab kita terhadap sauadara se-kost tapi juga di akhirat nanti, pada Alloh.” Nania mengakhiri ceramahnya.

Akhirnya diputuskan untuk memperbaharui peraturan kost. Mulai dari piket harian hingga piket mingguan. Mulai ditetapkan iqob atau denda bagi yang terlambat atau tidak melaksanakan tanggungjawabnya terhadap piket harian atau piket mingguan.

Tapi manusia memang tempatnya salah dan lupa. Belum ada seminggu mereka menetapkan kesepakatan baru, sudah dilanggar. Apalagi sebagian besar penghuni Putri Antik sudah mulai sibuk dengan aktivitas di kampusnya. Nania dan Ucix, sebagai tetua di kost, hanya bisa geleng-geleng kepala.

Memang harus dimulai dari yang paling kecil ...

***

”Tika!!!!” teriak Sarah kesal.

Yang dipanggil tidak menyahut, sepertinya sedang keluar.

”Ada apa sih, dek?”tanya Ucix keheranan.

Dengan wajah cemberut, Sarah memperlihatkan kondisi kamarnya yang super berantakan. Handuk tersampir di kursi. Beberapa pasang kaus kaki berada di atas tempat tidur. Tumpukan baju kotor yang tersembunyi di balik pintu membuat kamar terlihat lebih sumpek. Belum lagi, buku dan kertas yang berserakan di lantai.

”Mungkin, tadi Tika sedang terburu-buru hingga tidak sempat merapikan.” hibur Ucix.

”Tuh anak udah beberapa kali bikin kamar ini berantakan, Mbak! Emangnya yang menghuni kamar ini cuman dia? Perasaan masih sibuk-an aku. Tapi kok ancur-an dia?? ”

Ucix terdiam, menghela napasnya pelan.

”Ya udah, ntar coba ditabayunkan sama Tika. Nah, sekarang mbak bantu mberesin deh. Yuk?” Ucix menawarkan bantuannya.

Sarah pun mencoba menahan amarahanya pada adik semata wayangnya itu. Beberapa kali Tika memang meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan. Mulanya Sarah masih bisa membereskan kamar itu sendirian, namun lama kelamaan Sarah tidak tahan. Hampir setiap hari selalu saja berantakan. Dan hanya kata afwan yang diucapkan Tika kepada kakak perempuannya itu.

Keesokan harinya.

”Afwan, mbak Sarah ... Tika tadi keburu-buru. Tugasnya banyak banget! Ngejar deadline nih! Assalamualaikum!” pamit Tika dengan terburu-buru.

Oh My God! Nih anak nggak punya perasaan kali ya? Masa’ kakaknya disuruh kerja rodi terus?? Kapan nih kamar bisa bersih .... Fiuhhh...

Sarah mendesah pelan. Teringat kata Ucix tadi siang.

Keteladanan itu lebih penting, dek. Kalau ditegur terlalu keras, ntar dia malah lari. Ya kan? Pelan-pelan aja, dek Tika kan memang lagi sibuk-sibuknya.. Lagipula dengan begini kan, Sarah jadi lebih teratur. Kamar juga makin bersih.. Diambil hikmahnya saja.

***

Nania mengambil pena whiteboard-nya. Kemudian ditulisnya pengumuman, ”HARI AHAD BESOK KERJA BAKTI! WAJIB!!!”.

Begini nih kalo jadi ketua. Musti segera mengambil tindakan.

***

8 comments:

  1. wew... keadaan kamarnya mirip kamarku
    wkwkwkwk....

    klo di rumah sekarang karena tinggalnya cuma berdua dan dua2nya senin-sabtu pergi pagi pulang sore/malam yah rumah nyaris ga tersentuh...
    gimana mau nyentuh, pulang2 dah pada tepar kecapean...
    jadi boro2 mau ngerapihin, buat ngotorin aja ga sempet huehehehe...

    ReplyDelete
  2. waduh klo bgtu terus ga perlu pake rapat... langsung action kyk kalimat terakhir "PENGUMUMAN" :b:

    klo kamarku berantakan krna baju2 yang udah disetrika ga dimasukin kelemari ;))
    ntah ada dit4 tidur, dimeja kamar :D

    ReplyDelete
  3. lha kok udah di setrika malah taruh sembarangan??
    pan kusut lagi tuh ta....

    ReplyDelete
  4. ga lah.. kan disetrika ampe licin..
    biar mudah ngambilnya.. :))

    *Plaaakk

    ReplyDelete
  5. mb uchi: ahahhahahahha gaya banget gak sempet mberantakin *pret ah :j:

    ReplyDelete
  6. ita:pantesan baju2 yang udah disetrika rapi malah penuh dengan il*r wkwkkwkw :j:

    ReplyDelete
  7. ga ya lah...
    orang sibuk getoo looh... :k:

    ReplyDelete
  8. sibuk ngup*l maksudnya mbak?? :i:

    ReplyDelete

berkomentarlah yang baik dan sopan, terima kasih.